1PA11
1. Dessi
Eka
(12514766)
2. Diana
Puspita (13514015)
3. Hani
Dwi A (14514746)
4. Nadia
Karima Y (17514735)
5. Shintia
Rillyani (1A514246)
LATAR BELAKANG
Setiap orang pasti memiliki
masalah. Masalah adalah keadaan yang bersumber dari hubungan antar 2 faktor
atau lebih yang menghasilkan situasi yang membinggungkan dan masalah biasanya
keadaan yang harus diselesaikan.
Anak
mulai dari usia 5 tahun sudah memiliki masalah yang biasa muncul dilingkungan
sekitarnya, kebanyakan anak tidak memberitahukan masalah yang mereka alami
kepada orang tuanya, mungkin saja mereka merasa takut atau merasa malu untuk
menyampaikannya. Orang dewasa juga memiliki masalah yang beragam dan rumit.
Biasanya orang orang yang sibuk dengan karir dan aktivitasnya lebih memilih
untuk menyimpan masalahnya sendiri.
Dengan persoalan seperti ini kami berpikir untuk membuat karya kreatif
berbentuk boneka sebagai mediator antara pasien dengan psikolog yang
dapat merekam masalah dan keluhan pasien yang ditujukan kepada psikolognya
untuk dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih efisien dan dapat
dilakukan dimana saja dengan kemasan yang berbeda.
1. Produk
- Nama
produk : Talk to My Doll
2. Person
- Yang
terlibat dalam pembuatan karya kreatif ini adalah para produsen
- Yang
mendukung keberhasilan karya kreatif ini adalah
· HIMPSI
( Himpunan Psikologi Indonesia )
· Departemen
Teknologi dan Komunikasi
- Peran
mereka dalam mendukung karya kreatif kami sebagai berikut
HIMPSI : berperan
memberikan perizinan atas produk yang kali buat.
KEMKOMINFO : berperan
perizinan dan pengawasan terhadap produk kami
- Yang
menjadi target produk kami adalah anak mulai dari 10 tahun hingga orang
dewasa.
3. Press
Yang memotivasi kami untuk
menciptakan karya ini adalah
Biasanya anak dari usia 10
tahun sudah mulai mengalami masalah yang terjadi di ingkungan sekitarnya
terutama lingkungan sekolah dan terkadang anak itu sulit untuk mengungkapkan
apa yang dirasakan. Bukan anak anak saja orang dewasa pun seperti itu mereka
yang sibuk dengan aktivitasnya dan dunianya saat ada masalah mereka lebih
sering memendamnya karena tidak banyak waktu yang mereka miliki. Sehingga kami
membuat sarana ini agar mereka dapat menyampaikan dan sharing tentang persoalan
yang sedang dihadpinya. Boneka ini dibuat untuk membantu para klien agar tidak
merasa malu untuk mnceritakan setiap masalah yang dihadapinya. Dan boneka ini
dirancang untuk mendengarkan setiap keluhan yang dihadapi klien, baik untuk
anak-anak ataupun orang dewasa. Hal ini yang memotivasi kami agar memberikan
kenyamanan terhadap klien agar tidak merasa malu dan ragu menceritakan segala
keluhannya, karena saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui tentang
peran seorang psikolog secara utuh. Maka dibuatlah produk boneka ini agar dapat
memudahkan klien mengeluarkan segala keluh dan kesahnya.
- Dampak
positif dari penciptaan produk ini:
1. Memudahkan klien dalam
menyelesaikan masalah
2. Sebagai media untuk
menghilangakan stress
3. Fleksibel.
- Dampak
negative dari penciptaan produk ini:
1. Jika alat rusak
komunikasi antar klien dan psikolog akan ada kendala dalam komunikasi
- Prediksi
kedepannya untuk produk yang kami buat adalah lebih banyak orang yang
masalahnya terselesaikan dengan media ini
- Yang
mendukung produk kami sebagai berikut:
1. Bahan bahan yang
berkualitas dan aman untuk pembuatan boneka
2, kecanggihan teknologi
- Yang
menggagalkan produk kami adalah jika harga boneka yang mahal akan sedikit
peminatnya
- Cara
kami untuk mengantisipasi kegagalan itu sendiri dengan menghasilkan kualitas
terbaik dari bahan yang berkualitas dan aman dengan harga yang terjangkau
4. Proses
- Membut
boneka menggunakan bahan yang aman
- Menyiapkan
alat yang akan dijadikan inti dari produk ini
- Memasukan
alat rekaman tersebut kedalam boneka
- Melakukan
uji coba produk ini
No comments:
Post a Comment